KATA
PENGANTAR
Segala puji dan syukur saya panjatkan kepada tuhan yang maha
esa, karena atas berkat dan limpahan rahmatnyalah maka saya boleh menyelesaikan
sebuah karya tulis dengan tepat waktu.
Berikut ini penulis mempersembahkan sebuah tulisan tentang "EKONOMI KOPERASI”, yang mmenurut saya dapat memberikan manfaat yang besar bagi kita untuk mempelajari bidang ekonomi.
Melalui kata pengantar ini penulis lebih dahulu meminta maaf dan memohon permakluman bila mana isi tulisan ini ada kekurangan dan ada tulisan yang saya buat kurang tepat atau menyinggung perasaan pembaca.
Dengan ini saya mempersembahkan tulisan ini dengan penuh rasa terima kasih dan semoga allah SWT memberkahi makalah ini sehingga dapat memberikan manfaat.
Depok,Januari 2014
"Penulis"
Berikut ini penulis mempersembahkan sebuah tulisan tentang "EKONOMI KOPERASI”, yang mmenurut saya dapat memberikan manfaat yang besar bagi kita untuk mempelajari bidang ekonomi.
Melalui kata pengantar ini penulis lebih dahulu meminta maaf dan memohon permakluman bila mana isi tulisan ini ada kekurangan dan ada tulisan yang saya buat kurang tepat atau menyinggung perasaan pembaca.
Dengan ini saya mempersembahkan tulisan ini dengan penuh rasa terima kasih dan semoga allah SWT memberkahi makalah ini sehingga dapat memberikan manfaat.
Depok,Januari 2014
"Penulis"
Koperasi
Karyawan Indosat (Kopindosat)
SEJARAH
Berdiri pada 15 Agustus 1984, dengan jumlah
anggota sebanyak ± 800 orang dengan modal awal dari iuran anggota yang berasal
dari alokasi bonus karyawan. Berdasarkan Surat Keputusan Kepala Kantor Wilayah
Departemen Koperasi DKI Jakarta Tentang Pengesahan Koperasi Sebagai Badan Hukum
No. 111/BLK/1984 tanggal 30 Nopember 1984 Tahun 2004 tepatnya tanggal 2
Maret, terjadi penggabungan (amalgamasi) antara Kopindosat dengan
Koperasi Antariksa yang merupakan Koperasi Pegawai PT. Satelindo, seiring
dengan proses merger PT. Satelindo dengan PT. Indosat, Tbk. Melalui
penggabungan tersebut, jumlah anggota Kopindosat bertambah menjadi ± 4000
orang.
Koperasi
Pegawai PT. Indosat (KOPINDOSAT) berdiri sebagai wujud aspirasi pegawai PT.
Indosat untuk meningkatkan kesejahteraan dan kebersamaan diantara pegawai.
Dengan komitmen untuk senantiasa berperan aktif menjadi mitra PT. Indosat dan
Grup sebagai Captive dan mitra Non-Captive, Kopindosat berupaya menjadikan dirinya
menjadi Koperasi yang profesional dengan tetap berpegang pada azas-azas
Koperasi sebagai soko guru perekonomian nasional. Keberhasilan Kopindosat dalam
mengembangkan berbagai jenis bisnis tidak terlepas dari peran koordinasi
internal. Koordinasi tersebut didasari oleh Business Process yang baik, yang
merepresentasikan model dan karakter masing-masing bisnis di Kopindosat.
Sebagai mitra strategis Kopindosat tentunya memiliki loyalitas untuk terus
menangkap setiap kebutuhan mitra maupun konsumen baik Captive maupun Non
Captive.
Pertumbuhan
usaha Kopindosat 5 tahun terakhir rata-rata sekitar 42%, yang memberikan
keyakinan semua pihak bahwa Kopindosat adalah perusahaan yang sehat. Diusianya
yang ke 25 tahun ini, Kopindosat telah menunjukan hasil yang baik dengan
memberikan kontribusi keuntungan yang terus meningkat setiap tahunnya.
Visi
Menjadi Koperasi terbaik di Indonesia
Menjadi Mitra Strategis Utama dalam penjualan, distribusi,
dan support dari semua produk, jasa, dan solusi Indosat
Menjadi pilihan terbaik bagi pelanggan dan anggota dalam
penyediaan produk, jasa dan solusi
Menawarkan segala produk, jasa dan solusi berkualitas
Misi
Mengembangkan dan menyediakan produk, jasa, dan solusi
inovatif berkualitas yang memberikan nilai terbaik bagi anggota dan pelanggan
Memberikan hasil usaha yang kompetitif dan terus tumbuh
untuk meningkatkan kesejahtaraan seluruh stakeholder
Memberikan kesempatan kepada stakeholder untuk dapat
berperan aktif berpartisipasi dalam bisnis koperasi guna meningkatkan jiwa
kewirausahaan.
Budaya
MANTAP
Melayani|Amanah|Tanggap|Produktif
Nilai Perusahaan:
Faktor Kunci Sukses:
Bisnis
1. Distribusi kartu telekomunikasi
Menjalankan usaha distribusi kartu telekomunikasi sejak
tahun 2002, dan pada tahun 2006 menjadi MAIN DEALER produk seluler Indosat.
KOPINDOSAT saat ini merupakan DEALER NASIONAL Indosat untuk pemasaran seluruh
Indonesia yang didukung oleh 80 Sub-Dealer dengan sekitar 9.000 outlet dan 99
tenaga canvasser untuk aktivitas penjualan, pelayanan, retensi, dan promosi
Produk andalan bisnis seluler KOPINDOSAT adalah :
Area pemasaran kami meliputi :
2. Kontruksi infrastruktur telekomunikasi
Didukung tenaga ahli profesional di berbagai bidang
seperti bidang Infrastruktur Telekomunikasi, Maintenance dan Site
Acquisition. Jasa Teknik KOPINDOSAT adalah Main Contractor for the Supply and
Costruction of Supporting Facilities and Tower for GSM Celluler PT. Indosat,
Tbk tahun 2004 dan 2005.
KOPINDOSAT telah menangani pembangunan dan maintenance
tower BTS lebih dari 1.000 tower untuk Indosat, Sampoerna Telekomunikasi
Indosanesia, Nokia Siemnes Network, Huawei Tech Investment, StarOne Mitra
Telekomunikasi yang tersebar dari Sabang sampai Merauke.
Saat ini KOPINDOSAT ditunjuk sebagai South Pasific Core
Partner untuk Huawei Tech Investment dan telah menerima penghargaan Excellent
Cooperation.
Kompetensi layanan Jasa Teknik KOPINDOSAT meliputi :
Pembangunan
Pemeliharaan
Dismantle
Pengalaman kerja KOPINDOSAT di bidang Konstruksi
Infrastruktur Telekomunikasi berdasarkan klien operator :
|
3. Property dan Lisensi
KOPINDOSAT menawarkan mulai dari jasa
konsultasi pembangunan rumah / cluster, renovasi, sampai dengan penyewaan
properti.
Produk properti KOPINDOSAT meliputi :
1. Perumahan
KOPINDOSAT memiliki pengalaman yang cukup dalam pembangunan di beberapa kota di Jawa Timur, Jawa Barat, dan Sumatera.
KOPINDOSAT memiliki pengalaman yang cukup dalam pembangunan di beberapa kota di Jawa Timur, Jawa Barat, dan Sumatera.
1. Gedung Perkantoran
KOPINDOSAT saat ini mengelola dan menyewakan beberapa gedung perkantoran di Jakarta, Bogor, dan Bandung. Termasuk di dalamnya interior space dan eksterior space.
KOPINDOSAT saat ini mengelola dan menyewakan beberapa gedung perkantoran di Jakarta, Bogor, dan Bandung. Termasuk di dalamnya interior space dan eksterior space.
- Lisensi
KOPINDOSAT juga menawarkan jasa pengurusan perijinan seperti UU Gangguan (HO), Pengurusan IMB dan HGB dan lainnya.
4. Jasa Boga ( catering, cafe dan toko)
1. Catering
KOPINDOSAT memiliki pengalaman dan kompetensi yang baik di bisnis catering. Selama lebih dari 10 tahun, bisnis katering KOPINDOSAT melayani kebutuhan makan Karyawan Indosat. KOPINDOSAT juga mengelola sejumlah kios di beberapa perkantoran Ibukota. Dengan terus melakukan inovasi bisnis, saat ini Catering KOPINDOSAT yang telah dikelola secara mandiri telah mampu melayani berbagai tipe acara mulai dari resepsi pernikahan, hajatan, meeeting dan gathering korporat. Dengan dukungan dapur yang luas dan bersih, sertifikasi halal dari MUI, serta juru masak handal, KOPINDOSAT mampu melayani permintaan Catering untuk klien KOPINDOSAT di Jakarta dan perusahaan – perusahaan di kawasan industri Karawang.
1. Toko Kopindosat & Cafe
KOPINDOSAT juga memiliki toko yang menyediakan kebutuhan rumah tangga untuk pelanggan baik pegawai maupun untuk umum. KOPINDOSAT juga mengelola cafe yang terletak di Gedung Indosat Pusat. Hingga saat ini KOPINDOSAT memiliki total 3 unit toko dan 2 unit cafe yang tersebar di seluruh area bisnis KOPINDOSAT
|
5. jasa penyewaan
1. Rental Kendaraan
Layanan jasa sewa kendaraan KOPINDOSAT telah mencakup seluruh kota di Indonesia yang hingga saat ini telah menyewakan lebih dari 350 unit kendaraan operasional dalam berbagai merk dan tipe. Layanan sewa kendaraan Kopindosat dapat menyediakan berbagai merk dan tipe kendaraan untuk operasional kantor sesuai permintaan pelanggan termasuk layanan sewa kendaraan mewah, charter bus, bus antar-jemput karyawan, kendaraan berat dan ambulance.
Selain harga sewa yang kompetitif, fleksibilitas masa
sewa, dan tenaga pengemudi yang profesional, layanan sewa kendaraan
KOPINDOSAT didukung oleh Traffic Management System sehingga
layanan akan senantiasa didukung tenaga pengemudi pengganti, kendaraan
pengganti, perbaikan kendaraan di semua bengkel mitra KOPINDOSAT, sehingga
pelanggan akan lebih mendapatkan kenyamanan, efektifitas dan efisiensi.
1. Rental Genset
Selain menyewakan kendaraan, KOPINDOSAT juga menyewakan genset. Dengan perkembangan bisnis yang sangat signifikan selama 2 tahun terakhir, maka KOPINDOSAT mengambil langkah strategus dengan menjadi salah satu agen resmi produsen Genset ternama khusunya untuk kawasan Sumatera Bagian Utara.
·
Office Lease
Yaitu terdiri atas ruko dan gedung yang antara lain terdapat di :
·
Ruko 3 Lantai di
Jalan Pajajaran 99A Bogor
·
Gedung 2 Lantai
di atas lahan 700m2 di Jalan Veteran No. 40 Bekasi
·
Gedung 5 Lantai
di Jalan Asia Afrika No. 111 Bandung
·
Interior Space
KOPINDOSAT menyewakan interior property untuk Galeri dan Griya Indosat
·
Exterior Space
KOPINDOSAT menyewakan area luar ruang, anatara lain untuk Ruang ATM
·
Mesin Fotokopi
KOPINDOSAT juga menyewakan mesin fotokopi untuk kebutuhan operasional perkantoran |
6. Marketing and Advertising Tools
|
||
|
7.ekspedisi, perdangangan umum,
tour&travel
Jasa Pengiriman (Ekspedisi)
Sebagai bentuk pelayanan optimal, bisnis
distribusi menyeluruh dari Sabang sampai Merauke. Kurir mandiri KOPINDOSAT yang
dikelola secara profesional, setiap bulannya mampu mengantarkan 200 ribu
billing pelanggan Matrix, Starone, dan IPhone dari Indosat. Komitmen yang
KOPINDOSAT berikan kepada pelanggan adalah salah satunya memberikan jaminan
sampai terhadap barang antaran.
Perdagangan Umum
Dengan modal kerjasama eksklusif dan lisensi
keagenan dari perusahaan – perusahaan pemegang merk, unit perdagangan umum
KOPINDOSAT siap melakukan pengadaan barang aksesoris telekomunikasi, produk –
produk elektronik, kendaraan roda dua dan roda empat, genset, charge discharge
system (CDC System) dan refurbisment, kebutuhan alat tulis kantor, sepatu, dan
merchandise
Selain melakukan pengadaan barang – barang
tersebut, KOPINDOSAT juga mendistribusikan solar non-subsidi untuk mendukung
perangkat menara BTS.
Jasa Pelayanan Tiket (Tour and Travel)
Kopindosat mengembangkan sayap bisnisnya
dengan membuka pelayanan penjualan tiket perjalanan bagi anggota dan juga
khayalak umum. Kami melayani berbagai macam tujuan wisata dengan paket – paket
menarik dan harga yang kompetitif menggunakan Kereta Api dan juga Pesawat.
Selain itu, kami menawarkan pula Perjalanan Umroh dengan berbagai pilihan
paket.
8. Simpan Pinjam
Unit bisnis ini merupakan Cikal Bakal dari
bisnis KOPINDOSAT. Pengalaman dimulai sejak pertama kali KOPINDOSAT berdiri.
Kepercayaan dari anggota Koperasi bagi kami adalah amanah, dan kami siap
melayani keperluan pembiayaan bagi anggota KOPINDOSAT dengan cepat serta
menawarkan program investasi anggota dengan bagi hasil yang menarik.
Layanan Simpanan
Layanan Simpanan adalah Program investasi berjangka dari anggota Kopindosat dengan tujuan untuk meningkatkan peran aktif anggota dalam kegiatan Kopindosat dan menciptakan tambahan pendapatan tambahan bagi anggota (di luar SHU).
Layanan Simpanan adalah Program investasi berjangka dari anggota Kopindosat dengan tujuan untuk meningkatkan peran aktif anggota dalam kegiatan Kopindosat dan menciptakan tambahan pendapatan tambahan bagi anggota (di luar SHU).
Layanan Pembiayaan
- Program
Pembiayan Reguler
Pembiayaan Reguler terbagi menjadi 2 (dua), yaitu :
a. Pembiayaan Reguler KOPINDOSAT
Pembiayaan melalui KOPINDOSAT tanpa agunan dengan plafon maksimal sebesar 10 juta rupiah dan maksimal di cicil selama 12 bulan gaji
Pembiayaan melalui KOPINDOSAT tanpa agunan dengan plafon maksimal sebesar 10 juta rupiah dan maksimal di cicil selama 12 bulan gaji
b. Program Pembiayaan Reguler Channeling
Pembiayaan melalui Mitra Bank dari KOPINDOSAT tanpa agunan dengan plafon maksimal sebesar 100 juta rupiah dan maksimal di cicil selama 5 tahun gaji.
Pembiayaan melalui Mitra Bank dari KOPINDOSAT tanpa agunan dengan plafon maksimal sebesar 100 juta rupiah dan maksimal di cicil selama 5 tahun gaji.
- Program
Pembiayaan Elektronik
Jenis pembiayaan dalam bentuk barang-barang elektronik rumah tangga dengan sistem potong gaji
9. Pt. personel ahli daya
Perusahaan yang bergerak di bidang jasa tenaga
kerja (outsourcing) yang dibentuk pada 21 April 2006, dimana Kopindosat
memiliki saham sebesar 74.6% pada perusahaan ini.
Lingkup kerja PERSADA adalah mengelola jasa
pekerja outsorcing dari proses seleksi calon tenaga kerja, personel
administrasi penggajian, lembur, THR, cuti, insentif, Jamsostek dan lain-lain)
hingga pembinaan ketenagakerjaan.
Jumlah Tenaga Kerja yang dikelola oleh PERSADA
hingga saat ini untuk penempatan di seluruh wilayah Indonesia telah mencapai
lebih dari 7.000 orang diseluruh Indonesia.
Cakupan bisnis PERSADA adalah sebagai berikut
:
- Personnel Support & Office
Services
a. Daily Cleaning Services
b. Gondola Cleaning Services
c. Landscaping & Gardening Services
d. Messenger Services
e. Receptionist Services
- Building Maintenance &
Technical Services
a. Mechanical & Electrical Services
b. Office Facility Management Services
c. Power Supply Services
d. Civil Services
e. Security Services
- Security Management &
Guarding Services
a. Security Consultancy Services
b. Corporate & Personal Review Services
c. VIP Protection
- Customer Care Center Services
a. Contact Center Services
b. Customer Services
10. Pt. kopindosat tour – travel
Kopindosat mengembangkan sayap bisnisnya
dengan membuka pelayanan penjualan tiket perjalanan bagi anggota dan juga
khalayak umum. Bisnis pelayanan tiket ini dikenal dengan nama PT. Kopindosat
Tours-Travel didirikan pada bulan Mei 2011.
Kopindosat Tours-Travel cepat dikenal di
lingkungan PT. Indosat serta Kopindosat, khususnya anggota dan karyawan yang
kemudian memperkenalkan Kopindosat Tours-Travel kepada saudara, teman, dan
keluarga.
kopindosat Tours-Travel merupakan tour dan
travel yang inovatif fan kreatif, melayani berbagai macam tujuan wisata dengan
paket – paket menarik dan harga yang kompetitif menggunakan Kereta Api dan juga
Pesawat.
Selain itu, Kopindosat Tours-Travel menawarkan
juga Perjalanan Umroh dengan berbagai pilihan paket. Sebagai sebuah perusahaan
jasa, Kopindosat Tours-Travel bekerjasama dengan beberapa travel terkenal
memiliki berbagai jasa pelayanan meliputi :
·
Penjualan Tiket
Domestik maupun Internasional, melalui berbagai Airlines.
·
Penjualan Voucher
hotel Domestik dan Internasional
·
Penjualan Paket Tour
Pariwisata dalam dan luar negeri
·
Penjualan Paket Umroh
·
Pengurusan Travel
Dokumen (Passport, Visa).
Kopindosat Tours-Travel berkomitmen memberikan
pelayanan yang baik, ramah, dan profesional untuk dapat memberikan kepuasan
kepada pelanggan untuk mempercayai Kopindosat Tours-Travel sebagai salah satu
Jasa Pelayanan Tour Travel pilihan.
Program Pembiayaan Tahap I Tahun 2013
Persyaratan Pembiayaan :
- Anggota Kopindosat dengan masa
keanggotaan minimal 6 bulan
- Anggota merupakan karyawan
tetap minimal 2 tahun di PT. Indosat, PT. Indosat Mega Media (IM2),
Kopindosat, PT. Personel Alih Daya (Persada)
- Pembayaran cicilan melalui
pemotongan gaji
- Registrasi secara online
- Mengirimkan kelengkapan dokumen
paling lambat tanggal 27 Maret 2013 (keterlambatan
penerimaan dokumen di departemen Simpan Pinjam Kopindosat akan
menggugurkan hak anda untuk mendapatkan fasilitas pembiayaan pada tahap
ini).
Dokumen yang harus dilengkapi dan dikirimkan per set adalah :
a. Form 1 (Formulir Permohonan Pembiayaan Asli)
b. Form 2 (Perjanjian Pembiayaan Mudharobah)
c. Slip Gaji terakhir
d. Fotocopy ID Card dan KTP (suami & istri
bagi yang sudah menikah)
e. Fotocopy Kartu Keluarga (KK)
f. Akta cerai bagi yang bercerai
g. Fotocopy Rekening Tabungan
·
SELURUH DOKUMEN DIBUAT
RANGKAP 2 (1 set asli 1 set Fotocopy)
Dokumen yang diterima akan di verifikasi oleh departemen Simpan Pinjam Kopindosat Pusat dan akan dilakukan pengumuman secara serentak pada tanggal 1 April 2013
Dokumen yang diterima akan di verifikasi oleh departemen Simpan Pinjam Kopindosat Pusat dan akan dilakukan pengumuman secara serentak pada tanggal 1 April 2013
Ketentuan Pembiayaan :
- First In First Served
- Pembiayaan akan diprioritaskan
kepada anggota yang tidak memiliki kewajiban pembiayaan sebelumnya (bukan
Refinancing). Bila masih terdapat sisa plafon penjatahan bisa dialokasikan
bagi anggota yang akan merestrukturisasi atau refinancing pembiayaan
sebelumnya
- Upayakan pengajuan pembiayaan
ini digunakan untuk kebutuhan pembiayaan yang mendasar (bukan konsumtif)
Prosedur Pembiayaan :
- Registrasi Online
Petunjuk Pengisian Formulir Online
a. Isi semua kolom isian dengan lengkap
b. Baca pernyataan jika sesuai klik setuju lalu
klik daftar
c. Jika berhasil dan tidak ada kesalahan, akan
muncul tombol Print Formulir & Print Persetujuan
d. Tanda tangani Formulir dan Persetujuan yang
telah di print (dengan mengklik kedua tombol di atas) di atas materai 6.000
e. Lengkapi Dokumen sesuai dengan yang tertera di
Persyaratan dan Prosedur Pembiayaan
f. Seluruh dokumen dibuat rangkap dua
g. Kirimkan semua dokumen ke alamat pengiriman
dokumen (tertera di menu Alamat Pengiriman Dokumen)
- Cetak formulir dan
perjanjiannya lengkapi persyaratannya (buat rangkap 2), lalu
kirimkan seluruh dokumen ke alamat KOPINDOSAT
a. Kantor Pusat Kopindosat
Jl. Kebagusan I No. 4 Pasar Minggu Jakarta Selatan 12520
UP. Susilowati
Jl. Kebagusan I No. 4 Pasar Minggu Jakarta Selatan 12520
UP. Susilowati
ATAU
b. Gedung KPPTI Lantai 8
Jl. Medan Merdeka Barat No. 21 Jakarta Pusat 10110
UP. Yani Widyaningsih
Jl. Medan Merdeka Barat No. 21 Jakarta Pusat 10110
UP. Yani Widyaningsih
- Tunggu hasil pengumuman
- Balas hasil pengumuman
- Tunggu proses pencairan bagi
yang memenuhi syarat
Nisbah/Bagi Hasil/Pricing Pembiayaan
sebagaimana terlampir :
Jangka Waktu
|
Nisbah
|
Setara
|
||
Kopindosat
|
Anggota
|
Efektif
|
Flat
|
|
1 – 3 Tahun
|
83 %
|
17 %
|
14 %
|
7.74 %
|
4 – 5 Tahun
|
85 %
|
15 %
|
14.5 %
|
8.19 %
|
Download
Tabel Angsuran
Jadwal Pembiayaan :
Tanggal
|
Keterangan
|
18 – 27 Maret 2013
|
Registrasi dan Pengumpulan Dokumen
Persyaratan
|
27 – 29 Maret 2013
|
Verifikasi Kelengkapan Dokumen dan
Cash Ratio
|
1 April 2013
|
Pengumuman Hasil Verifikasi
|
1 – 2 April 2013
|
Rekonfirmasi Anggota
|
3 April 2013
|
Proses Persetujuan Payroll
|
4 – 5 April 2013
|
Pengiriman Dokumen dan Verifikasi
Bank
|
8 April 2013
|
Pencairan Dana Pembiayaan
|
Biaya Pencairan Pembiayaan
- Biaya Administrasi sebesar 1 %
dari plafond
- Biaya notaris sebesar 0,15 %
dari plafond
- Biaya asuransi jiwa sesuai
dengan tarif asuransi yang telah ditentukan
- Biaya transfer sebesar Rp.
6.000,00
B. Hak
& Kewajiban Anggota:
- Mendapatkan manfaat &
pelayanan atas seluruh kegiatan Koperasi;
- Mendapatkan Sisa Hasil Usaha;
- Partisipasi aktif terhadap
seluruh kegiatan dan program Koperasi;
- Mentaati seluruh ketentuan dan
peraturan yang berlaku di Koperasi.
C. Manfaat
Menjadi Anggota:
- Berbagai Fasilitas Pinjaman;
- Beasiswa untuk Anak Anggota;
- Program Persiapan Pensiun untuk
Anggota;
- Program Perumahan;
- Simpanan Berjangka.
DAFTAR
PUSTAKA
0 komentar:
Posting Komentar